Rabu, 11 Mei 2016

7 Jurus Menulis Bagi Orang Sibuk (Malas)

0


Betapa banyak yang meninggalkan menulis karena ia begitu sibuk dengan aktifitas sekolah, kuliah maupun pekerjaan. Kesibukan yang padat, rutinitas yang mengharuskan kita mengalah untuk tidak menulis ataupun menunda untuk menulis.

Namun saya tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi. Saya pun paham setiap orang punya kesibukan dan rutinitas yang padat hingga ia lupa untuk menulis walaupun di lubuk hatinya yang paling dalam, ia ingin sekali menulis dan mempersembahkan satu karya sebagai amal dan kenangan yang tidak akan berakhir sampai tulisan itu terus dibaca orang lain. Impian yang sangat tinggi bagi seorang penulis adalah mengalirnya pahala selama tulisannya dibaca banyak orang sekalipun ia telah meninggal dunia.
Seorang penulis amal-amalnya memang sederhana dan terbatas, hanya menulis, tapi dengan tulisannya ia mampu mengalirkan inspirasi bagi orang lain dan mengalirkan pahala secara terus menerus. Tiada habisnya pahala seorang penulis.
Menulis memang bukan pekerjaan yang mudah. Selalu saja ada halangan-halangan yang melintang di depan mata. Entah mengapa, proses menulis selalu dibubuhi dengan pernak-pernik masalah.
Namun menjadi seorang penulis tugasnya adalah mencari cara menyelesaikan dan menuntaskan masalah. Biasanya, seorang penulis lebih ceria dalam hidupnya. Meski ia sendiri tengah bersedih, tetap menjadi bahagianya. Sebab apa? Sebab ia tuangkan dalam tulisan. Uneg-unegnya tersampaikan, ilmunya tersalurkan.
Okeh…. sekarang SAYA INGIN MENULIS., tetapi saya SIBUK,  pekerjaan saya MENUMPUK, amanah saya BANYAK, saya seorang AKTIFIS kampus yang sibuk mengurus kegiatan, saya seorang GURU yang mengajar SETIAP hari, saya adalah KARYAWAN di sebuah perusahaan yang MEMILIKI banyak tuntutan pekerjaan, saya LURAH yang mengurus warga, saya CAMAT yang harus mengurus DESA, saya DOKTER yang harus mengurus PASSIEN setiap hari, saya CEO di sebuah komunitas, saya BOS di perusahaan ….
Akan tetapi …. dalam hati saya ingin sekali menjadi seorang PENULIS, saya ingin dalam hidup saya melahirkan minimal SATU buku saja. Bagaimana saya menghadapinya?
Begitulah yang pernah saya dengarkan dari teman-teman penulis. Dalam hatinya sangat ingin menghasilkan minimal satu buku yang terbit, tapi lagi-lagi kesibukan menjadi halangan.
Pernah mendengar novel Ayat-Ayat Cinta? Betapa BEST SELLER nya novel itu.
Jika pernah mengetahui atau pernah membacanya kita akan terkagum-kagum, bukan? Namun yang harus kita ketahui adalah novel itu ditulis diatas kursi roda. Kereeennnn.
Lalu, mendengar nama Tere Liye yang tidak asing di telinga penggemar setia novel Indonesia. Siapa Tere Liye? Dia adalah seorang akuntan yang istiqomah menulis novel minimal tiga dalam setahun. Hebat sekali bukan? Dia pun orang kantoran yang pergi pagi pulang sore hari. Tapi ia tetap menulis. Tetap melahirkan karya-karya baru.
Rasanya kita perlu MENCABUT alasan sibuk, bekerja, berorganisasi dalam menulis. Sebenarnya bukan alasan sibuknya, tapi masalah MAU atau TIDAKNYA. Kita sebagai manusia diciptakan dengan waktu yang sama, beban yang sesuai dengan kemampuannya, lantas mengapa selalu SIBUK menjadi kambing hitam dari perhentian menulismu?
Katanya kamu ingin jadi PENULIS?
Katanya kamu ingin sekali menerbitkan minimal SATU BUKU dalam hidupmu?
Katanya dan katanya kamu ingin MENGINSPIRASI ORANG LAIN?
Baiklah, mari kita tunjukan, bahwa kesibukanmu adalah teman setia dalam menulismu. Agar kesibukanmu tidak menghalangi untuk tetap menulis dan berkarya.
Apa saja sih tipsnya? Ini dia …
1. Niatkan Dulu Yuk
Niat adalah modal itu seorang penulis. Dengan niat, kita akan termotivasi untuk menulis. Dengan niat pula, ada dorongan-dorongan yang akan membantu untuk konsisten menulis. Ketika niat untuk menulis sangat kuat, tentu akan mempermudah kita menulis dengan baik, sekalipun kita SIBUK.
Ya, kita SIBUK, namun bukan berarti niat tidak bisa menjadi solusi bagi kita yang ingin menulis dengan kesibukan yang amat padat. Niat menjadi pondasi yang kokoh untuk terus bangun dari segala halang rintangan yang akan merubuhkan bangunan niat kita.
Selain itu dengan niat, kita akan mampu kembali ke posisi awal ketika halangan benar-benar sangat dashyat. Kesibukan sangat banyak dalam organisasi, perusahaan atau bisnis misalnya, dengan niat yang telah tertata, ia bisa sewaktu-waktu kembali mengingat akan niat awal.
Inilah posisi niat bagi orang yang SIBUK, yakni menjadi benteng awal dan akhir seseorang yang benar-benar ingin menulis sekalipun kesibukan melandanya.
2. Tur Atur Mengatur Jadwalne Biar Teratur Tho
Niat saja tidak cukup, sesibuk apapun kita, baik dalam pekerjaan, organisasi, tugas kuliah maupun bisnis bukan menjadi alasan untuk tidak menulis dan tidak menyempatkan mengatur jadwal. Sebab mengatur jadwal bisa membantu kita teringat menulis. Sebagai manusia, wajar seringkali kita lupa dengan cita-cita karena saking sibuknya pekerjaan tersebut. Akhirnya kita melupakan niatan untuk menulis.
Jadwal sangat berperan membantu kegiatan menulis sekalipun kesibukan melanda. Sebab dengan jadwal kita bisa teringat dan menyesuaikan waktu untuk memenuhi janji pada jadwal tersebut. Memang, hidup ini rasanya nggak enak jika di jadwalkan, namun untuk menulis, timbanglah baik-baik, ada baiknya jika kita mengatur kapan seharusnya kita menulis. Demi impian dan cita-cita kita seumur hidup.
Menulis sendiri bisa kita jadwalkan sesuka hati. Jika tidak terlalu sibuk, kita bisa agendakan sehari, per dua hari sekali atau seminggu satu tulisan. Jika tidak bisa juga bolehkan satu bulan satu tulisan. Masa sih nggak bisa kalau satu bulan satu tulisan?
Bener-bener sibuk sampai sebulan pun nggak bisa menulis? Yaa ampun….
Oke baiklah, kamu adalah orang SIBUK. Sekarang saya share membuat jadwal menulis yang boleh juga kamu sesuaikan. Kamu boleh mengisi dan membuat kolomnya sendiri.
Silahkan isi kolom dibawah ini.
Kesibukan
Solusi
Jika saya  sibuk bekerja
Jika saya sibuk organisasi
Jika saya sibuk study
Menyempatkan menulis ketika sibuk bekerja kapan?
Menyempatkan menulis ketika sibuk organisasi kapan?
Menyempatkan menulis ketika sibuk study kapan?
……
…….
….
………………..
……………….
……………….
……
…….
….
………………..
……………….
……………….
……
…….
….
………………..
……………….
……………….
……
…….
….
………………..
……………….
……………….
……
…….
….
………………..
……………….
……………….
……
…….
….
………………..
……………….
……………….
Jam Terbang Menulisku
Hari ke -1
……………………… menit
Hari ke -2
……………………… menit
Hari ke -3
……………………… menit
Hari ke-4
……………………… menit
Hari ke-5
……………………… menit
Hari ke -6
……………………… menit
Hari ke -7
……………………… menit
Hari ke -8
……………………… menit
Dan Seterusnya
Waktu Khusus Menulis
Agenda
Kapan?
Menulis Harian
…………………………………………………………
Menulis Mingguan
…………………………………………………………
Menulis Bulanan
…………………………………………………………

Betapapun sibuknya, selalu ada jalan keluar jika kita mau ‘melakukannya’. Masalah yang hadir tidak mungkin tak ada solusinya. Toh kita terlahir sebagai hamba yang diberikan akal sebagai pemecah masalah, bukan? Sebab dengan akal kita mampu berpikir dan belajar.
Keinginan menulis yang kuat, sekalipun ia benar-benar sibuk, bukan berarti tidak sama sekali mempunyai kesempatan untuk menulis. Selalu ada jalan di sulitnya masalah. Sedangkan Allah subhanahu wata’alatidak membebani hamba-Nya melainkan dengan batas kemampuannya.
Memang akan banyak waktu yang terkuras, tapi nikmatilah… sebab dengan menulis kita akan merasa lega. Sebab, sibuk kita akan terobati dengan tulisan. Bahkan, kesibukanmu dan segala uneg-unegmu bisa kok ditulis. Asalkan ‘mau’.
Silakan kamu buat jadwal waktu luang untuk menulis. Pesan saya, SE-GE-RA, sebelum LUPA dengan kesibukan kamu. Hehehehe.
3. Atur Jam Terbang Yuk
Oke, saya sudah membuat jadwal. Sekarang apa lagi? Masalah penulis pemula adalah ‘lama’ sekali menulis. Membuang-buang waktu saja di depan komputer tetapi tidak satu atau dua patah kata pun yang terketik. Bahkan, dikalangan orang SIBUK, meski sudah satu jam di depan komputer, hanya satu paragraf atau satu halaman saja. Hmmm…. membuang-buang waktu saja kalau begini. Mending mengerjakan hal lain saja.
EIITTTSSS… tunggu dulu donk, jangan terburu-buru memutuskan sesuatu. Yuk kita cari solusinya. Masalah yang kamu hadapi diatas bukan berarti tidak ada solusinya. Saya pun pernah kok mengalaminya tapi bukan berarti tidak ada solusi sama sekali.
Begini, langkah selanjutnya adalah jam terbang. Saya mulai dengan sebuah pertanyaan.
Sekarang dalam satu halaman A4 microsoft word berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menulis? Ya, saya tahu, kamu adalah orang sibuk yang harus mengefisienkan waktu. Coba dijawab. Setelah ketemu dengan jawabannya. Sekarang catat perolehan waktu yang kamu butuhkan untuk menulis satu halaman saja.
Setelah mencatatnya, karena kamu orang sibuk, silahkan menambah kecepatan menulisnya. Di percobaan kedua kamu harus lebih cepat menggunakan waktu ketika menulis. Hingga sampai kamu mentok di menit tercepat dan tidak bisa lagi mengurangi menit tersebut. Sebab ini sangat berguna bagi kamu yang merasa sibuk tetapi ingin tetap menulis.
Perhatikan kolom dibawah ini :
Kolom diatas bisa membantumu melatih skill jam terbang menulis. Selamat mencba dan SE-GE-RA praktek.
4. Waktu Spesial Untukmu, Duhai Waktu Menulisku
Saya SIBUK dan saya tidak punya banyak waktu untuk menulis. Akan tetapi, saya ingin sekali menulis? Bagaimana dengan masalah saya ini? Apa yang harus saya lakukan?
Saya sendiri mempunyai kesibukan bekerja, bisnis membantu orang tua tetapi tetap menulis. Bagaimana bisa? Tentu bisa, asal ada kemauan yang kuat sebagai jawabannya.
Untuk mengatasi ini, saya sendiri menentukan waktu khusus untuk menulis. Saya SIBUK bekerja, bisnis dan membantu orang tua di rumah dari pagi sampai sore, nah malamnya saya gunakan waktu untuk menulis. Bahkan, saya merencanakan waktu menulis di sepertiga malam sehabis qiyamul lail.
Kamu pun bisa mencobanya seiiring menyesuaikan dengan jadwal dan KESIBUKAN kamu. Silahkan pilih-pilih, atur-atur dan nulis-nulis.
Perhatikan tabel berikut ini :
5. Mengatur Aktifitas! Kenapa Nggak?
Haduh CAPEK, seharian saya sibuk bekerja, organisasi dan saya sibuk tugas sekolah-sekolah atau kampus yang banyak, mana guru-guru dan dosen nggak tanggung-tanggung ngasih tugasnya. Saya LELAH dan CAPEK. Tapi saya pingin deh, menghasilkan satu tulisan atau minimal istiqomah menulis sebulan sekali.
Masih ada solusikah? Saya MINTA donk solusinya….
Baiklah, saya akan berikan tips dan triknya. Kamu sabar dan stay cool saja baca tulisan ini. Heeee….
Cara selanjutnya adalah dengan mengatur aktifitas. Cara ini berhubungan dengan point 1, 2 dan 3. Ini adalah gabungannya. Point ke 4 adalah dengan menggabungkan point-point sebelumnya untuk mencapai cita-cita kita bersama, yakni menulis.
Yuk kita mulai mengatur aktifitas kita selama ini. Mungkin inilah yang akan bisa membantumu tetap bisa menulis walaupun kamu seorang yang sangat SIBUK. Yakin, kamu pasti bisa melakukannya.
6. Menangkap Mahluk ‘Liar’; Ide
Hampir ketika kesibukan melanda diri kita, fokus akan terbuyar dengan rutinitas yang sangat menguras waktu dan tenaga. Kita tidak mungkin membawa komputer atau laptop kemana-mana. Dan ironisnya, ide itu muncul ketika kita tidak berada di depan komputer.
Tips berikutnya adalah mencatat ide. Saya sendiri selalu membawa buku harian yang berguna untuk mencatat dan menuliskan gagasan-gagasan yang saya pikirkan selama menjalankan rutinitas dan kesibukan. Sebab saya adalah seorang yang tidak setiap waktu bisa fokus berada di depan komputer, maka saya mencatat ide yang saya dapatkan ketika menjalani kesibukan saya.
Ide itu liar, kadang dicari belum tentu dapat, ketika tidak dicari justru datang dengan sendirinya. Kadang kala ide datang ketika ngobrol dengan teman atau sahabat, ketika sedang sibuk bekerja, ketika sedang berjalan-jalan dan tempat-tempat yang tidak bisa dipastikan ide itu akan datang dari mana. Nah, mencatat ide adalah solusi dari permasalan tersebut. Dimana kita menuliskan point-point penting dari ide yang kita dapatkan untuk selanjutnya kita tuangkan dalam bentuk tulisan yang menguraikan ide tersebut.
Menulis ide di dalam buku catatan tidak perlu panjang, tulis saja benang merahnya. Tulislah point-point ide yang singkat, padat dan mampu kita uraikan ketika nanti di depan komputer. Catatlah ide yang kamu dapatkan dengan menarik sehingga mampu menumbuhkan semangat menulis ketika di depan komputer nanti.
Asep Awaludin memberikan saran kepada kita,
“Dengan mencatat ide, Anda satu langkah akan lebih mudah untuk menulis. kalaupun anda tidak ada waktu untuk menulis, ide-ide ini bisa anda simpan dalam buku pribadi anda. Setelah anda punya waktu luang, baru anda tuangkan ide itu dalam tulisan.”
Oke, praktek selanjutnya adalah mencatat setiap ide dengan menarik setelah mendapatan ide tersebut agar ide yang kita dapatkan mampu memberikan semangat dan motivasi menulis ketia berada di depan komputer nanti.
7. Istiqomah
Kesibukan memang tidak terjadwal dan tidak serta merta begitu saja, kadang ada turun naiknya. Ya, menyusun jadwal pun rasanya kadang berhasil kadang tidak. Tapi apa salahnya? Mengatur jadwal tidak akan membuat kita menyesal, justru sebaliknya. Kita akan lebih bisa menghargai waktu dengan baik, bukan?
Selanjutnya adalah istiqomah. Ya, tetap menancapkan tekad terbaikmu meski rapuh. Berusaha semaksimal mungkin agar jadwal yang kita rencanakan tidak sia-sia dan bisa berjalan dengan baik.
Istiqomah dalam menulis, sebab inilah benteng terakhir di kala sibuk. Ketika ia sudah terbiasa dengan jadwal yang ia buat, ia akan merasa kehilangan jika tidak mengerjakan hal yang biasa ia lakukan. Rutinkanlah selama sebulan untuk menulis tiap harinya, maka mudah-mudahan itu akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan.
***
Itulah 7 tips yang saya utarakan pada tulisan inti. Saya maklum, kita adalah orang yang SIBUK, maka pastikan kita selalu menguatkan niat di awal-awal sebagai seorang penulis lalu selalu menyediakan waktu luang, mengatur jam terbang menulis, mengatur jadwal, memilih waktu khusus, dan terus istiqomah. Jangan lupa SE-GE-RA pratek ya. Semoga kita semua berhasil mencapai mimpi kita yang satu ini, menjadi penulis. Aamiin.
***

Wildan Fuady (Mentor PKW Nasional)



0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html