Minggu, 26 Juni 2016

#Aku dan Senyum Mentoringku

0


Semua itu berawal dari mentoring..
Pada awalnya sih cuma kebita aja sama kaka-kaka di rumah yang ikut mentoring. Setiap kali pulang mentoring mereka selalu ceria, seperti mendapatkan aliran positif yang membangkitkan energi semangat dalam hidupnya. Akhirnya sejak itu pula aku membulatkan tekad untuk mengikuti jejak langkah mereka. (mengcopy paste amal kebaikan) .


Ternyata setelah bergabung dengan lingkaran kecil itu memang benar aku merasakan aliran positif itu, kenapa tidak?? Di mentoring setiap pekannya aku di evaluasi amal kebajikan apa saja yang telah dilakukan  pekan kemarin, sehingga membuat diri ini ingin selalu menjadi yang terbaik (fastabiqul khoirat dengan teman yang lainnya) . Di dalam lingkaran kecil itu (mentoring.red) aku mendapatkan sebuah keluarga baru, keluarga yang selalu mengingatkan dan memotivasi serta tempatnya berbagi satu dengan yang lainnya. Memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh setiap jiwa yang ada didalamnya.

Hingga sampai saat ini pun mentoring itu terus berlanjut.
Tak terasa hingga saat ini (dari mulai smp sampe semester 4 kuliah) berada dalam lingkaran ini membuat aku semakin nyaman, dan selalu kangen untuk bertemu teman se-Mentoring setiap pekannya.  Berbagi inspirasi, motivasi, memecahkan masalah, sharing ilmu tentunya.

Dan akhirnya ketika aku bertanya kepada senior dan junior tentang mengapa mereka mau ikut mentoring, inilah beberapa alasan :

Mohamad Teja Iqbal Mentoring bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya berawal dari mentoring….”Menlan Gue Bangeut…” ^_^

Ifah SheIka dg mentoring bkn hy tambah ilmu tp jg tambah saudara,,,klo gk ikt mentoring rasanya giiimaaaanaaaaa gitchu ^^

Aris Riswara bkn hnya ilmu,, tapi membuat hidup kita seperti lebih bermakna dan berwarna….hhaaa prikitiew

Haryono Satriyo Piningit SUNGGUH MENYESAL SAYA MASUK DI JEBLOSIN KE LEMBAH MENTORING…. di jeblosin sama kang La Hariralagi, kenapa dulu ga mentoring dari sejak SMA. tapi semua menjadi terarahkan setelah ikut mentoring. karena ketagihan dan sampe sekrang InsyaAllah masih setia NGEDUGEM setiap pekan.

Isep Mulyana Gwa juga mentoring lhoooo…… Sekelompok ama orang keren lg,……

Pratiwi Ika Mahanani Alhamdulilah dng mentoring mengantarkan saya ke jalan yg teramat baik dari jalan jahiliya (hehe*dramatisir) dan alhamdulilah skrng sayah tersesat dalam kebaikan yg berlimpah. ^^ so let’s moving on with mentoring. #GaMentoringGaMoveOn

Andry Ramdani Kalau bukan karena wasilah Tarbiyah, mungkin saya tidak akan sampai sperti sekarang, Statusnya bagus bu,:)

Andhika Hady ‎::..mentoring asik lho..::

Dita Angga Sukma mentoring ituu …. buat kenang-kenangn nanti … supaya kita ada bukti telah melakukan sesuatu untuk berusaha memperdalam aqidah agama kita. ya, sukur-sukur kalo bisa nambah temen juga … hehe …

La Harira Mentoring…ada cipta rasa yang tak bisa terungkap..nikmat tak bertepi..menghadirkan banyak sahabat ketika sepi menghampiri..duka menjadi bahagia..salah menjadi air mata..di Jalan “MENTORING” semuanya ada… Antara Sulawesi dan Jatinangor, ketika hadir tak ada teman, keluarga, sahabat, tp lewat Mentoring ketika pulang meninggalkan banyak teman/sahabat/keluarga yang sesungguhnya

Akhyarudin Batubara ASYIKNYA IKUT MENTORING
Faiz yang belum lama menyelesaikan kuliahnya sedang termenung memikirkan kelanjutan hidupnya untuk bekerja hingga suatu ketika datang kawan lamanya menawarkan sebuah posisi diperusahaannya. Faiz agak terkejut akan penawaran tersebut dan bertanya pada kawannya, “Kenapa Saya? “ teman itu pun menjawab, “ Karena saya yakin kamu orangnya baik, jujur dan pintar, saya yakin itu, karena dulu sewaktu kuliah kamu ‘kan ikut kegiatan mentoring.”
Mentoring? Ya mentoring adalah kegiatan bersama yang dilakukan untuk membina kualitas hidup seseorang. Mengikuti mentoring ternyata mengasyikkan. Cerita diatas merupakan sekelumit gambaran sebuah manfaat seseorang mengikuti mentoring. Dan ternyata banyak sekali manfaatnya bila kita ikut mentoring.

1. Punya banyak teman,
Dengan ikut mentoring kita jadi punya banyak teman dan lebih hebatnya lagi kita tidak keliru memilih lingkungan pergaulan. Karena gaul kita adalah gaul yang bersih dan lurus. Jauh dari perbuatan-perbuatan buruk apalagi sampai melanggar hukum (narkoba dan sebagainya). Karena teman-teman kita adalah mereka yang tidak akan menjerumuskan kita pada kerusakan melainkan mereka adalah teman sejati yang mengajak dan mengingatkan kita agar selalu pada jalan kebaikan. Asyikkan?


2. Bisa jadi tempat curhat,
Di mentoring kita mendapatkan tempat curhat. Kita dapat sharing tentang berbagai permasalahan baik yang bersifat umum maupun pribadi. Sehingga akan terasa ringan rasanya beban yang ada bila telah menceritakan permasalahannya pada orang lain. Dan mereka yang berada di mentoring merupakan mereka yang dapat dipercaya untuk menyimpan permasalahan kita serta memberikan solusi-solusi pemecahannya. Asyikkan?


3. Membentuk kepribadian yang utuh.
Alhamdulillah, kita bisa lebih mengenal karakter pribadi kita dan kita dapat membenuk kepribadian kita agar menjadi pribadi yang utuh (sholeh) dan bermanfaat bagi sesama. Dengan memahami jati diri kita sebagai hamba Allah, kita akan lebih memahami akan makna hakiki dari kehidupan ini. Peran-peran hidup yang kita jalani dan apa tujuan kita hidup dimuka bumi ini. Kata lainnya jadi sering introspeksi diri. Asyikkan?


4. Hidup makin terarah
Mengapa tidak? Setiap pekan bahkan setiap saat kita selalu mendapatkan masukan dan nasehat (kontrol) bagi setiap aktifitas kita. Ibarat seorang pengendara yang disetiap jalan ada petunjuk lalu lintas, tentunya akan mempermudah untuk mencapai tujuan. Dan tujuan hidup kita pun jadi semakin terarah bilamana kita sering mendapatkan rambu-rambu kehidupan. Dan ini hanya kita dapat di mentoring. Intinya kita selalu mendapat kontrol baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Asyikkan?


5. Mendapat wawasan keislaman
Di dalam kegiatan mentoring, pemahaman wawasan Islam, Alhamdulillah jadi bertambah, tidak hanya tahu tentang ibadah-ibadah yang sering dilakukan seperti shalat, puasa ramadhan dan sebagainya tetapi juga mendapatkan wawasan keislaman yang integral (utuh dan menyeluruh) yang dapat menjadi pedoman dalam mengarungi hidup ini, Asyikkan?


6. Mendapatkan pahala.
So pasti, dengan ikut kegiatan mentoring berarti kita juga sedang menuntut ilmu. Dan tentunya curahan pahala dan rahmat akan selalu turun menyertai hambanya yang sedang menimba ilmu dan menambah wawasan ajaran-Nya. Pahala yang tidak pernah terputus karena salah satu amal yang pahalanya akan terus mengalir dan tidak pernah berhenti adalah ilmu yang bermanfaat. Asyikkan?
Mungkin ini hanyalah sebagian dari keasyikan-keasyikan kita dalam mengikuti mentoring. Keasyikan yang terkadang juga membuahkan hasil di masa depan, seperti kisah Faiz diatas. Atau kisah seorang ibu yang merasa bersyukur pernah aktif dikegiatan mentoring hingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis dari anaknya yang bersekolah di sebuah TK Islam. Sehingga sering kita mendengar ucapan, ”Alhamdulillah dulu saya ikut mentoring, coba kalau tidak, mungkin …. ”
Wallahu’alam

Totoh Suandi Mentoring itu….. adalah sarana bagi saya yang merasa rapuh. Karena di dalamnya ada kekuatan ukhuwah yang mengingatkan di kala lupa, meluruskan di kala salah, dan mencerahkan di kala duka. Kalo boleh mengibaratkan mentoring itu seperti sikat gigi, ia bukan hanya mencoba membuatmu terlihat bersih tapi mulutmu pun akan tercium wangi. Wallohu a’lam.
Tuh kan.. Semua orang senang bisa ada di mentoring:) . Sekarang gimana dengan kamu?? Ayo segera ikut mentoring,, NggakNgajiNggakTrendii lhooo:) ..
tulisan ini dibuat sebagai *GerakanMahasiswaSadarMentoring


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html